Senin, 06 Februari 2012

Instrumen Akreditasi Standar Proses SD/MI

Perangkat dan alat yang penting dalam proses akreditasi sekolah dan madrasah adalah Instrumen  akreditas  SD/MI  dengan  cara  memberi  tanda  ceklis  () pada kotak opsi jawaban “A”, “B”, “C”, “D”, atau “E” pada butir instrumen yang  meliputi  8  (delapan)  komponen  sesuai  dengan  standar  nasional pendidikan.   Salah satu bukti yang diperlukan dalam standar proses adalah RPP  guru.

RPP yang dikembangkan guru secara mandiri  memuat:
1) identitas mata pelajaran; 2) standar kompetensi (SK);3) kompetensi dasar (KD) dari silabus yang akan dicapai; 4) indikator pencapaian kompetensi; 5) tujuan pembelajaran; 6) materi ajar;
7) alokasi waktu yang diperlukan; 8) metode pembelajaran; 9) kegiatan pembelajaran; 10) penilaian hasil belajar; dan 11) sumber belajar.  12) Media pembelajaran
Setiap RPP harus ada enam  (6) prinsip penyusunan RPP yaitu:
1) memperhatikan perbedaan individu siswa; 2) mendorong partisipasi aktif siswa; 3) mengembangkan budaya membaca dan menulis; 4) memberikan umpan balik dan tindak lanjut; dan 5) keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. 6) menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

Pada komponen standar proses selanjutnya dijabarkan menjadi butir-butir pertanyaan.  Untuk standar isi terdapat 18 nomor, dari nomor 19—29  dari keseluruhan butir pertanyaan akreditasi SD yang berjumlah 157.   Standar proses ini memang unik karena yang diniali adalah proses pendidikan dan belajar siswa, guru dan semua konponen sekolah/madrasah. Selanjutnya bagi saudara bapak ibu guru yang membutuhkan dapat mendownload instrumen standar proses yang lengkap diisi.
Bagi bapak ibu guru yang memerlukan materi intrumen atau perangkat akreditasi untuk komponen standar proses pendidikan dapat memlihat dan mendownload dibawah ini.
Instrumen Juklis Akreditasi SD/MI Umum


0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat memberikan sanggahan, dan tambahan informasi atau referensi lainnya. Kami mengharapkan ada manfaat bagi anda dari websites ini. Terima kasih banyak atas kunjungan saudara.

Please provide comments that are providing rebuttal, and additional information or other reference. We expect these websites beneficial to you. Thank you very much for your visit.