Rabu, 18 Juli 2012

Bentuk Laporan Akreditasi SD/MI BAN-BAP

A. Pendahuluan
Laporan kelompok (laporan asesor I dan II secara bersama-sama) menggunakan form B. Skor yang diperoleh bukan rata-rata skor asesor I dan asesor II, tetapi merupakan hasil kesepakatan asesor I dan II, setelah mempertimbangkan kondisi riil dan bukti yang ada disekolah/madrasah. Setiap skor butir hendaknya benar-benar merupakan hasil kesepakatan berdasarkan musyawarah dan pemahaman bersama antara asesor I dan II terhadap kondiri riil dan bukti yang ada. 
bentuk laporan akreditasi
Add caption

B.   Prosedur Pengisian Form B
Langkah-langkah pengisian Form B adalah sebagai berikut. 
1.   Tuliskan hasil penilaian (skor butir) menurut Kesepakatan asesor I dan II ke dalam kolom 3 dalam bentuk huruf (A, B, C, D, atau E)
2.   Konversikan huruf yang telah dituliskan di kolom 3 ke kolom 4 dalam bentuk angka dengan ketentuan huruf A = 4; B = 3; C = 2; D = 1, dan E = 0. 
3.   Kalikan nilai Bobot Butir yang terdapat pada kolom 2 dengan skor butir yang ada pada kolom 4, dan hasilnya dimasukkan ke dalam kolom 5. Hasil perkalian ini disebut Skor Tertimbang Perolehan.
4.   Jumlahkan Skor Tertimbang Perolehan untuk setiap standar secara vertical dan tuliskan hasilnya pada (kolom 5) baris terakhir tiap komponen form B. Skor hasilpenjumlahan ini disebut dengan Jumlah Skor Tertimbang Perolehan.
5.   Lakukan penilaian untuk standar yang lain dengan cara yang sama, seperti pada langkah 1 hingga langkah 4.


C. Perhitungan Nilai Komponen Akreditasi dan Nilai Akhir Akreditasi (Form C)
Nilai komponen akreditasi dan nilai akhir akreditasi menggunakan form C, yang dipakai untuk merekap seluruh hasil pengisian Form B. Penghitungan dilakukan secara bersama-sama antara asesor I dan II. Penghitungan hendaknya dilakukan secara cermat, hati-hati, dan dilakukan pengecekan ulang, sehingga tidak terjadi kesalahan yang merugikan pihak manapun. Form C inilah yang menjadi pangkal penghitungan perolehan nilai komponen akreditasi maupun nilai akhir akreditasi. Apabila proses penghitungan Form C ini tidak tepat, maka akan menyebabkan kesalahan yang sangat serius.  
Langkah-langkah pengisian Form C adalah sebagai berikut. 
1.   Pindahkan atau masukan seluruh Jumlah Skor Tertimbang Perolehan tiap-tiap standar yang ada pada lembar penilaian form B ke dalam kolom 5.
2.   Hitunglah Nilai Komponen Akreditasi untuk setiap komponen akreditasi dengan cara:  Jumlah Skor Tertimbang Perolehan (kolom 5) dibagi dengan Jumlah Skor Tertimbang Maksimum (kolom4) kemudian dikalikan dengan Bobot Komponen (kolom 3). Hasil perhitungan ini dimasukan pada kolom Nilai Komponen Akreditasi(kolom 6)        
Selanjutnya, jumlahkan seluruh nilai komponen akreditasi sehingga diperoleh nilai akhir akreditasi. Nilai akhir akreditasi tersebut kemudian dibulatkan.
3.   Hitunglah Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan untuk setiap komponen dihitung dengan cara:  Nilai Komponen  Akreditasi(kolom 6) dibagi dengan Bobot Komponen (kolom 3) kemudian dikalikan dengan 100 (seratus). Hasil perhitungan ini dimasukkan pada kolom Nilai Komponen  Akreditasi Skala Ratusan (kolom 7).

4. Pilihlah status akreditasi dan peringkat akreditasinya.

D. Pengisian Saran dan Rekomendasi untuk SD/MI
  Pengisian  saran dan rekomendasi untuk SD/MI menggunakan Form D.Sarandan rekomendasi didasarkan pada hasil penilaian asesor terhadap sekolah/madrasah yang diakreditasi.
    Untuk bentuk  laporan lengkap dan jabaran nilainya dapat didownload disini


0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat memberikan sanggahan, dan tambahan informasi atau referensi lainnya. Kami mengharapkan ada manfaat bagi anda dari websites ini. Terima kasih banyak atas kunjungan saudara.

Please provide comments that are providing rebuttal, and additional information or other reference. We expect these websites beneficial to you. Thank you very much for your visit.