Rabu, 01 Agustus 2012

Kurikulum Muatan Lokal


Pemerintah pusat telah mengeluarkan KTSP  sebagai acuan kurikulum untuk mata pelajaran umum yang bersifat nasional. Ini penting untuk mengetahui tujuan pendidikan nasional, seberapa besar tingkat keberhasilan pendidikan.
kurikulum muatan lokal
Dalam penyusunan dan penentuan mata pelajaran muatan lokal harus diperhatikan bebanbelajar siswa, jumlah pelajaran dan tenaga pengajarannya. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 24 tahun 2006 tentang standar isi dan penyesuaian antara kompetensi dasar mata pelajaran terhadap alokasi waktu yang dibutuhkan.
Penentuan mulok juga harus mencerminkan kondisi budaya daerah setempat, dan tuntutan akan kemajuan. Mulok diharapkan akan menumbuhkan sumber daya daerah itu, dengan memperkenalkan, membekali ketrampilan kepada siswa. Selanjutnya akan menjadi daya saing daerah dalam membangun kemampuan daerahnya. Kalau daerah menentapkan bahwa seni kerajinan perak menjadi mulok, harapannya bidang kerajinan perak lebih maju dan bersaing di kancah internasional.
Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar telah mengeluarkan perda nomor 5 thn 2008 ttg Sistem Penyelenggaran Pendidikan. Dalam perda tersebut telah menelurkan mulok di kota itu sebagai berikut : seni tari gaya Yogyakarta, seni karawitan gaya Yogyakarta, seni batik dan seni kerajinan perak.
Berikut ini kami sediakan file pdf tentang muatan kurikulum lokal;
Mulok Daerah Jawa Tengah, SKL  Bahasa Jawa  Download.
Skripsi Muatan Lokal Bahasa Inggris dari Taqwa Nur Ibad Download.
Sinkronisasi Mulok Bahasa Jawa  Download.
Implementasi Bahasa Jawa sebagai Mulok  Download.


0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat memberikan sanggahan, dan tambahan informasi atau referensi lainnya. Kami mengharapkan ada manfaat bagi anda dari websites ini. Terima kasih banyak atas kunjungan saudara.

Please provide comments that are providing rebuttal, and additional information or other reference. We expect these websites beneficial to you. Thank you very much for your visit.