Kamis, 20 Desember 2018

Peran Orang Tua Dalam Mengoptimalkan Les Baca Anak

Membaca seharusnya menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan, maka penting bagi Anda memberikan les baca untuk anak. Untuk itu, minat membaca semestinya sudah mulai ditanamkan kepada anak sejak dia masih kecil. Salah satu cara yang efektif dan nyaman adalah dengan mendaftarkan anak untuk ikut Bimbel les membaca.
Namun, pada dasarnya peran orang tua sendiri tidak kalah penting. Seperti apa pentingnya peranan orang tua untuk proses belajar membaca anak? Bagaimana orang tua dapat membantu anak dalam les belajarnya?
Menumbuhkan Minat Membaca dengan Les Baca
1.      Menjadikan Buku Sebagai Bagian dari Keseharian
Sebagai langkah awal, Anda bisa selalu menyediakan buku-buku di rumah. Mulai dari buku cerita bergambar, buku novel, hingga majalah anak. Dengan begitu, anak Anda akan terbiasa dengan sendirinya untuk membaca, bahkan meski hanya selama sepuluh menit saja.
2.      Mengajak Anak untuk Mengikuti Les Membaca



Ajak anak Anda untuk mengikuti kegiatan les membaca. Dalam les membaca tentu anak anak diberikan beragam buku bacaan yang memiliki variasi topik lebih luas. Selain memudahkannya belajar membaca dengan bantuan tenaga pendidik, dia juga semakin mudah untuk mengenali topik apa yang paling menarik minatnya.


Melatih Kebiasaan Anak untuk Rajin Membaca
1.      Membacakan Buku yang Disukai Anak di Rumah
Selain menyediakan buku-buku di rumah untuk dibaca oleh anak, Anda juga bisa sering-sering membacakan buku untuknya, atau membaca bersama dengan anak Anda. Bantu anak untuk menemukan buku yang mereka sukai, apakah itu fiksi, puisi, komik atau buku non-fiksi. Aktivitas ini juga mendukung pengoptimalan les baca anak.
2.      Menanamkan Pikiran Bahwa Semua Bacaan Itu Bagus


Sebagai orang tua, sebaiknya Anda tidak memuat aturan yang terlalu ketat dan mengekang. Seperti misalnya, buku yang dibaca harus buku cerita, dan anak tidak boleh membaca buku seperti non-fiksi, komik, novel grafis, atau majalah. Bacaan apa saja itu bagus, yang penting Anda bisa memilihkan mana yang layak dibaca oleh anak.
3.      Ciptakan Suasana Membaca yang Nyaman

Setelah mengikuti les baca yang suasana belajarnya mirip dengan kelas di sekolah, tentu anak akan bahagia jika di rumah dia dapat membaca dengan suasana yang rileks. Anda bisa menyediakan tempat khusus atau setidaknya menata area yang nyaman untuk membaca. Baik itu di tempat tidur, sofa, atau di meja baca khusus untuk anak.


Menstimulasi Otak Anak Melalui Bacaan
1. Bertanya Hal-Hal yang Terkait dengan Buku Bacaan
Supaya anak tetap merasa tertarik untuk melanjutkan membaca, Anda bisa menanyakan kepadanya tentang isi dari buku bacaan tersebut. Pertanyaan ringan tersebut contohnya seperti, “Sampai mana terakhir kali kita membacanya?”, “Kemarin yang dibaca ceritanya seperti apa? Coba diingat lagi, yuk.”
2. Membaca Buku Cerita Sebelum Tidur


Bacakan buku cerita untuk anak sebelum dia tidur. Bila memang memungkinkan, sangat boleh Anda membacakan buku setiap malam sebelum si kecil tidur. Membacakan buku untuk anak adalah cara yang efektif untuk menghabiskan quality time bersamanya.
Membaca merupakan pondasi dari pendidikan anak hingga ke jenjang yang lebih lanjut. Untuk memberikan pelajaran membaca kepada anak Anda bisa mendaftarkannya les baca di Nusagama Jogja kursus/private. Sehingga kemampuan membaca anak menjadi lebih baik.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat memberikan sanggahan, dan tambahan informasi atau referensi lainnya. Kami mengharapkan ada manfaat bagi anda dari websites ini. Terima kasih banyak atas kunjungan saudara.

Please provide comments that are providing rebuttal, and additional information or other reference. We expect these websites beneficial to you. Thank you very much for your visit.

Twitter Delicious Digg Favorites More